Penggunaan Bigdata



BigData ialah istilah umum untuk segala himpunan data(data set) dalam jumlah yang sangat besar, rumit dan tak terstruktur, dan sukar ditangani apabila hanya memakai perkakas administrasi basis data biasa atau aplikasi pemroses data tradisional belaka. BigData atau Mahadata ini juga sanggup diartikan sebagai pertumbuhan data serta gosip yang eksponensial dengan kecepatan dalam pertambahannya, mempunyai data bervariasi sehingga menyebabkan tantangan gres dalam pengolahan sejumlah data besar yang heterogen.

Adapun ciri BigData ialah :

Volume
Mempunyai jumlah data sangat besar, sehingga dalam proses pengolahan data diharapkan suatu penyimpanan yang besar pula dan diharapkan juga analisis yang lebih spesifik.

Velocity
Memiliki pedoman data yang cepat dan real time

Variety
Terdapat bentuk format data yang beragam, baik terstruktur ataupun tidak terstruktur dan bergantung pada banyaknya sumber data.

Penerapan BigData ada semua aspek contohnya : Bisnis, pariwisata, pemerintahan, kejahatan dan sebagainya. Memakai tools untuk pengambilan ataupun pengolahan datanya, menyerupai  software Gephy, Python, Netlytics, Nifi dan Tabieau. Memahami bahwa BigData itu penting, maka suatu organisasi akan dengan gampang mengolah dan menganalisis sekumpulan data atau suatu permasalahan yang sedang dihadapi, baik internal maupun eksternal organisasinya. Menghemat biaya, waktu dan membuat sebuah keputusan tepat.

Berikut beberapa pola dalam kehidupan sehari-hari yang sanggup ditulis. Sebenarnya pengaplikasiannya sangat banyak dan bermanfaat bagi kehidupan manusia. Tapi di sini hanya dirangkum sebagian :

Perusahaan Ritel
Menggunakan gosip dan social media menyerupai Facebook, Twitter, Google+ untuk menganalisis bagaimana perilaku, persepsi pelanggan terhadap suatu produk atau merk dari perusahaan.

Perusahaan Manufactur
Memantau kondisi peralatan setiap ketika (real-time), sehingga sanggup memperkirakan waktu terbaik untuk mengganti peralatan. Karena mengganti terlalu cepat akan rugi, atau bila terlambat menyebabkan produksi terganggu.

Perusahaan Periklanan
Menggunakan gosip dan social media untuk mengetahui balasan terhadap promosi/iklan yang gres diluncurkan.

Rumah Sakit
Merekam data medis pasien, sehingga BigData tersebut sanggup dipakai untuk menganalisis kecenderungan sakit pasien.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel