9 Aplikasi Wajib Untuk Para Siswa Tkj


Hai Kawan,, Bebicara  tentang jurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan) niscaya akan berafiliasi dengan komputer (Hardware dan Software) serta jaringan.  kali ini aku akan membahas perihal software yang wajib dimiliki oleh anak jurusan TKJ, alasannya berdasarkan aku mempunyai aplikasi aplikasi tersebut sanggup mempermudah  pekerjaan dan menambah wawasan anda dalam dunia komputer. Nah dibawah ini merupakan nama dan fungsi dari  aplikasi/sofwarenya :

1. Virtual box

Aplikasi yang satu ini sangat penting untuk anak TKJ, terutama untuk berguru instalasi sistem operasi seperti: windows,linux,unix dan lain lain. Virtual box merupakan aplikasi virtualisasi untuk uji coba instalasi sistem operasi. Virtual box menyajikan tampilan sederhana dan gampang dioperasikan tentunya , aplikasi ini  sangatlah cocok untuk mempelajari perihal menginstal system operasi. Makara anda tak perlu melaksanakan dual boot hanya untuk mempelajari penginstalan system operasi. Dan untuk melaksanakan pengisntalan anda wajib mempunyai file Sistem operasinya juga dalam bentuk file ISO.

2. Lazarus

Fungsi dari aplikasi yaitu  untuk menciptakan sebuah aktivitas dengan menggunakan script/kode. Karena di jurusan TKJ terdapat bahan pemrograman dasar maka software ini wajib untuk dimiliki alasannya dari sekian software lainnya , alasannya aplikasi ini mempunyai kelebihan tersendiri dari segi tampilan dan fitur fiturnya.

3. Winbox

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang mempunyai kegunaan untuk mengatur sebuah jaringan, menyerupai jaringan LAN dan jaringan wirelese.

4. Notepad++

Kenapa harus menggunakan Notepad++ bukannya window sudah menyediakan aplikasi notepad ? memang, akan tetapi aplikasi ini mempunyai fitur fitur yang sanggup mempermudah dalam pembuatan script /coding ini.

5. Corel Draw
Aplikasi ini merupakan aplikasi pengolah foto/gambar, mengolah foto/gambar merupakan salah satu kemampuan yang harus sanggup anak Tkj pelajari. Fitur fitur yang terdapat dari aplikasi inipun juga sangatlah banyak yang sanggup mempermudah proses editing.

6. Cisco Paket Tracer

Jika anda suka merancang suatu jaringan atau mendesain jaringan maka cisco paket tracer sangat cocok dipakai alasannya fitur-fitur nya cukup lengkap untuk mendesain suatu jaringan. Misal anda ingin menciptakan topologi dan tidak ingin repot menggambar secara manual maka cisco paket tracer recomended banget untuk anak jurusan TKJ. Selain desain aplikasi ini juga terdapat fitur fitur untuk membangun jaringan menyerupai Konfigurasi alamat IP, Routing, ataupun Kemanan jaringan. Perangkat yang tersedia dalam aplikasi ini bisa dibilang hampir lengkap, menyerupai : komputer, router, server, laptop dan masih banyak lagi.

7. Typer Shark

Aplikasi ini yaitu aplikasi game, loh kok game ?  memang ini yaitu sebuah game, tapi ini bukanlah game yang menyerupai biasanya, game ini sanggup membantu anda dalam berguru mengetik. Karena  anak jurusan TKJ haruslah berbeda  dan lebih unggul dalam kemampuan komputer.

8. Power ISO
Power ISO merupakan aplikasi yang berfungsi untuk melaksanakan burning CD/DVD, Meng-ekstrak  file ISO, Virtual Drive,  Compres, dan Enkripsi.  Aplikasi ini pastilah akan mempunyai kegunaan dalam mempermudah pekerjaan anda.

9. XAMPP

Software ini mempunyai kegunaan untuk pembuatan database dan juga bahasa pemrograman yang nantinya akan kita masukan ke dalam web. Software ini pun sanggup support di 5 Operating System. Makara kita sanggup menciptakan database menggunakan 5 operating system yang berbeda, tergantung anda menentukan operating system mana yang di sukai. Bahasa pemograman yang tersedia  di aplikasi  XAMPP yaitu : Html, Apache, Php, dan Perl.

Nah itulah aplikasi aplikasi wajib ada didalam komputer para anak jurusan TKJ, Semoga artikel ini sanggup menambah wawasan anda dalam dunia IT dan mempermudah pembelajaran anda 😁
Salam TKJ Kawan😊 Sekolah Menengah kejuruan BISA!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel