Desain Kendali Suhu Ruangan Berbasis Logika Fuzzy

Kali ini mau membuatkan lagi nih wacana proyek elektronika.. artikel yang akan dibagikan kali ini mengenai kendali fuzzy yang merupakan bab dari sebuah kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence, proyek ini merupakan proyek simpulan semester mata kuliah kecerdasan buatan saya, adapun penerapan kendali fuzzy kali ini pada proyek sistem kendali suhu ruangan dengan inputan suhu dan banyaknya orang dimana outputnya ialah kecepatan kipas, proyek ini di implementasikan dalam bentuk prototype.

Apa itu Logika Fuzzy?
Akan dijelaskan sedikit pengertian mengenai budi fuzzy yang merupakan suatu cabang ilmu Artificial Intellegence atau kecerdasan buatan, yaitu suatu pengetahuan yang menciptakan komputer sanggup menggandakan kecerdasan insan sehingga diperlukan komputer sanggup melaksanakan hal-hal yang apabila dikerjakan insan memerlukan kecerdasan. Umumnya diterapkan pada masalah-masalah yang mengandung unsur ketidakpastian, ketidaktepatan, dan sebagainya (dikutip dari wikipedia).

Perancangan Sistem Kendali Suhu Ruangan


Sistem kendali suhu ruangan ini dirancang dalam bentuk prototype. Sistem dirancang semoga sanggup mengendalikan suhu pada suatu ruangan, adapun parameter sebagai pengendali ialah kondisi suhu pada ruangan dan banyaknya orang dalam ruangan tersebut, dipakai kipas angin sebagai pengendali suhu ruangan tersebut.

Komponen yang dibutuhkan
1x Arduino Uno
1x Sensor Suhu (DHT11)
2x Modul Sensor Infrared
2x Kipas DC
1x LCD + i2C
1x Driver Motor DC
Kabel Jumper Secukupnya

Berikut ini rangkaian elektrikalnya

Perancangan Sistem Fuzzy
Proses pembuatan sistem fuzzy terdapat beberapa tahapan alur proses untuk mendapat keluaran fuzzy mulai dari fuzzifikasi sampai defuzzifikasi.

Pada perancangan sistem kendali fuzzy ini terdapat beberapa bab terpenting, yaitu sebagai berikut:

Fuzzifikasi Pada proses fuzzifikasi, inputan crisp akan dirubah menjadi variabel linguistic (variabel Fuzzy).
Inferensi (Aturan Dasar)Proses inferensi merupakan proses untuk mendapat keluaran dari rule set yang dibuat, ini merupakan inti dari proses fuzzy.
Defuzzifikasi Proses defuzzifikasi merupakan proses terakhir dalam sistem Fuzzy. Proses ini merupakan proses perubahan data input yang telah dimasukkan dalam himpunan-himpunan Fuzzy untuk mendapat kembali bentuk tegasnya (Crisp). 

Baiklah.. selanjutnya masuk pada pembahasan utama, yaitu proses kendali fuzzy pada proyek kendali suhu ruangan ini, untuk tahapan akan dijelaskan ialah proses fuzzifikasi, proses inferensi dan proses defuzzifikasi, eksklusif saja untuk klarifikasi tahap - tahap nya sebagai berikut :

Proses Fuzzifikasi
Pada proses ini dibentuk beberapa fungsi keangotaan (membership function), yang dipakai sebagai input adalah membership fungsi suhu dan banyaknya orang dalam ruangan. Sedangkan output adalah persentase 0% - 100% pwm yang mengontrol kecepatan motor kipas.




Jika proses fuzzifikasi diterapkan pada kegiatan sebagai berikut :
Diatas merupakan kegiatan untuk proses fuzzifikasi pada mikrokontroler Arduino, pada fungsi hitung_member merupakan fungsi rumus perhitungan drajat keangotaan dengan memakai rumus kurva naik-turun. Pada fungsi fuzzifikasi merupakan proses fuzzifikasinya yaitu menghitung dan memasukkan nilai batas - batas untuk inputan suhu dan banyaknya orang dengan memanggil fungsi hitung_member.

Proses Inferensi dan Defuzzifikasi

Metode defuzzifikasi yang dipakai ialah centroid atau center of area (COA). Dimana nilai tegas outputnya diperoleh menurut titik berat dari kurva hasil proses pengambilan keputusan. Dengan memakai persamaan sebagai berikut:
Nilai Min didapat dengan mengambil nilai terendah dari masing - masing keanggotaan antara suhu dan banyak orang.
Untuk mencari center of area (COA) dilakukan dengan menjumlahkan perkalian Nilai Minimum dengan bobot keanggotaan keluaran kecepatan kipas lalu dibagi dengan jumlah Nilai Minimun. Jika diterapkan pada kegiatan sebagai berikut :

Program tersebut merupakan kegiatan untuk proses inferensi dan defuzzifikasi. Proses ini untuk mendapat keluaran dari rule set yang dibuat, inferensi kali ini digunkan metode mamdani atau disebut dengan metode max – min, variable array fuzzy_set merupakan nilai bobot sesuai dengan rule yang dibuat.

Digunakan fungsi max untuk mengambil nilai tertinggi dan min untuk mengambil nilai terkecilnya. Untuk proses fuzzifikasi dipakai metode Centre Of Area (COA) dan hasil dari fuzzifikasi ini merupakan keluaran untuk pwm kipas. 


Pada Program looping merupakan kegiatan untuk menjalankan semua fungsi-fungsi yang buat. Pada gambar diatas terdapat fungsi pembacan sensor infrared dan pemcaan sensor suhu yang dilakukan update setiap 2 detik, fungsi fuzzifikasi,defuzzifikasi juga dilakukan pada kegiatan looping serta menghasilkan output 0 sampai 100 yang akan dilakukan mapping dari 0 sampai 255 untuk pwm kipas, sesudah itu dilakukan pemanggilan fungsi untuk menggerakkan kipas.

Program Arduino lengkapnya sanggup di copy dibawah ini



Sumber https://www.muhilham.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel