Teknik Profesional Bermain Gitar Bass

 bass juga memiliki teknik yang perlu di kuasai Teknik Profesional Bermain Gitar Bass
Teknik Profesional Bermain Gitar Bass - Sama halnya dengan bermain gitar, bass juga memiliki teknik yang perlu di kuasai. Hanya saja teknik dalam bermain gitar bass lebih sedikit dibandingkan dengan teknik keseluruhan pada gitar. Beberapa teknik bermain gitar bass antara lain yaitu : Alternate Picking, Up Down Thump, Slapping, Popping, Tapping, Neck Bending. Mau tau arti dari teknik tersebut? yuk eksklusif kita bahas.

Teknik ke 1 - Alternate Picking
Pada teknik pertama, para pemain bass banyak memakai teknik ini dalam permainannya, Karena merupakan teknik dasar dalam gitar bass yang hampir selalu ada dalam setiap permainan. Cara untuk melaksanakan Alternate Picking adalah dengan memetik bass dengan memakai dua jari yang umumnya memakai jari telunjuk dan jari tengah secara bergantian.

Teknik ka 2 - Up Down Thumb
Teknik ini harus digunakan secara Pick. Seperti namanya, Jika biasanya bermain bass memakai jari telunjuk dan jari tengah, pada teknik ini yang digunakan ialah Ibu Jari atau Jempol. Sedangkan empat jari lainnya digunakan untuk memetik layaknya pada teknik gitar pada umumnya.

Teknik ke 3 - Slapping
Pada basis dari Red Hot Chilli Pappers, Flea, Seorang memakai teknik Slapping dalam bermain gitar bass. Teknik ini dilakukan mirip menampar senar bass. Caranya yaitu dengan memukul bass dengan jempol atau telapak tangan sampai menghasilkan bunyi yang mirip permainan perkusi.

Teknik ke 4 - Popping
Tekni ke 4 yaitu teknik popping, teknik ini dilakukan dengan cara menarik senar dengan jari kemudian dilepaskan sampai memunculkan bunyi yang nyaring. Suara tersebut berasal dari perpaduan senar dengan Flet. Biasanya pemain bass juga menggabungkan teknik Popping dengan teknik Slapping supaya menghasilkan bunyi yang unik atau melaksanakan teknik Popping dengan menarik ke dua senar sekaligus (Souble Pluck).

Teknik ke 5 - Tapping
Teknik yang ke lima yaitu teknik Tapping. teknik ini selain digunakan pada teknik bermain gitar, Teknik Tapping  juga digunakan pada permainan gitar bass. Cara memainkannya ialah menekan senar dengan ujung jari ke Flet bass, kemudian di geser sedikit pada posisi jari mirip sedang mencolek.

Teknik ke 6 - Neck Bending
Teknik yang ke enam yaitu teknik Neck Bending. Teknik ini jikalau digunakan pada permainan gitar bass akan menghasilkan nada bunyi mendengung. Cara memainkan teknik ini adalah, ketika memetik, tekan senar yang ada pada Headstock atau lebih tepatnya pada kawasan yang biasa digunakan dikala menyetem.

Tips Bermain Gitar Bass yang Benar.
Pada kesempatan ini saya akan membagikan kepada teman-teman bagaimana cara memainkan gitar bass dengan benar. Langsung saja simak artikel berikut ini!.

1. Pegang Gitar Bass dengan Posisi yang Benar
Yang pertama yaitu posisikan gitar bass memakai selempang dengan ketinggian yang sama ketika anda bangun ataupun duduk. Kemudian letakan gitar diantara pinggang dan tulang leher dengan kemiringan sekitar 30 derajat biar anda tidak perlu menekuk pergelangan tengan terlalu jauh.

2. Mengatur Nada Gitar
Kemudian yang kedua yaitu mengatur nada standar pada gitar bass dengan 4 senar yaitu E sebagai senar paling bawah. Kemudian A-D dan G sebagai senar paling atas. Untuk mengatur nadanya, kalian sanggup melakukannya dengan menggunakan  Electric Tuner.
 bass juga memiliki teknik yang perlu di kuasai Teknik Profesional Bermain Gitar Bass

3. Berlatih Memetik
Pada dikala bermain gitar bass usahakan senar gitar hanya sanggup dimainkan dengan memetik senar satu persatu. Usahakan kuku jari anda tetap pendek biar tidak mengganggu permainan anda. Petik memakai dua jari biar lebih efisien. Bisa memakai jari tengah dan jari telunjuk atau jari lain asalkan anda memetik dengan nyaman dan cepat. Serta usahakan irama yang di hasilkan pada kedua jari sama.

4. Matikan Suara Senar yang Tidak Dimainkan
Supaya menghasilkan bunyi yang lebih jelas, Matikan bunyi dari getaran senar dengan cara meletakan ibu jari disekitar senar yang sekitarnya perlu untuk dimatikan. Jangan menekan senar ke bawah, cukup letakan jari atau ibu jari pada senar biar getarannya tidak menjadikan suara.


Jangan lupa berkunjung ya!!!
***

Sumber http://siddix.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel