Cara Menghilangkan Virus Di Perangkat Android Tanpa Factory Reset

Cara Menghilangkan Virus di Perangkat Android  Tanpa Factory Reset - Desktop bukan satu-satunya gadget yang sanggup terancam oleh virus. Perangkat android juga sanggup mengalami hal yang sama. Virus, malware dan sejenisnya sanggup mengakibatkan duduk kasus pada hampir semua perangkat yang menyerang ke pecahan software. Jika ponsel kau terkena virus, sebetulnya kau sanggup melaksanakan penyetelan ulang pabrik untuk menghapusnya, tetapi itu berarti akan mengakibatkan kehilangan semua data ibarat foto, game, pesan teks, nomor kontak dan yang lainnya. Tentunya, penyetelan ulang pabrik (factory reset) menjadi opsi terakhir.

Apakah Perangkat Saya Terkena Virus?
Cara Menghilangkan Virus di Perangkat Android Cara Menghilangkan Virus di Perangkat Android  Tanpa Factory Reset

Jika ponsel kau tidak berfungsi sebagaimana mestinya, ada kemungkinan perangkat terinfeksi beberapa malware di dalamnya. File berbahaya mungkin telah diunduh di ponsel, tanpa kau menyadarinya. Akibatnya sanggup mengganggu masa pakai baterai, sumber daya Internet, atau data langsung kau ibarat file/folder yang disembunyikan.

Tetapi itu sanggup menjadi sesuatu yang lain. Misalkan perangkat menolak untuk boot atau crash setiap kali dinyalakan. Atau mungkin pengguna tidak sanggup mengunduh aplikasi dari Play Store. Ini tidak selalu disebabkan oleh virus. Kaprikornus tak perlu khawatir!

Sebelum aku lanjutkan, aku ingin mengajukan beberapa pertanyaan berikut ini :
  1. Apakah kau gres saja menginstal aplikasi dari sumber pihak ketiga dan bukan dari Play Store?
  2. Apakah duduk kasus mulai terjadi sesudah kau mengunduh beberapa aplikasi atau file?
  3. Apakah kau mengeklik beberapa iklan yang mengunduh file atau aplikasi yang tidak  diinginkan?
  4.  Apakah duduk kasus hanya terjadi ketika menjalankan aplikasi tertentu?
 Jika salah satu jawabannya "ya", maka ada kemungkinan perangkat terinfeksi malware di sistemnya. Tapi tak perlu khawatir, kemungkinan besar masih sanggup diperbaiki tanpa harus reset pabrik!

Step 1  : Instal dan Jalankan Pemindaian Antivirus

Langkah pertama ialah menjalankan antivirus dan melihat apakah aplikasi pertanda adanya malware pada perangkat. Sama halnya di pc/laptop, android mempunyai bermacam-macam aplikasi antivirus, baik yang gratis maupun berbayar. 

Dalam performa dan fasilitas penggunaan, bila kau menginginkan aplikasi gratis, maka Avira ialah aplikasi yang paling aku rekomendasikan. Aplikasi ini sanggup memindai semua file dan aplikasi yang terinstall, untuk kemudian menghapus file yang sanggup mengakibatkan duduk kasus pada sistem. Avira juga direkomendasikan untuk perangkat desktop, tak heran bila avira menjadi salah satu antivirus terbaik berdasarkan rating dari AV-TEST.

Download: Avira Antivirus Security for Android (Free)

Semoga pemindaian antivirus sanggup mengatasi malware/virus di ponsel atau tablet kamu. Tetapi bila masih belum, maka sanggup mencoba langkah berikut,


Step 2 : Hapus Secara Manual dalam Mode Aman "Safe Mode"

Sama ibarat windows yang mempunyai "Safe Mode", begitu juga Android. Dan bila sistem terkena virus, kau sanggup memanfaatkannya, untuk menghilangkan virus tanpa aplikasi tambahan.

Apa fungsinya? Safe Mode mematikan saluran ke semua aplikasi unduhan pihak ketiga dan mencegahnya untuk berjalan.

Untuk langkah-langkah masuk ke Safe Mode, sebagian besar android memakai cara ini:

  1. Tekan dan tahan tombol daya hingga hingga muncul opsi "Matikan Daya / Boot Ulang".
  2. Ketuk dan tahan "Power Off" hingga kau mendapat prompt untuk "Reboot to Safe Mode".
  3. Pilih "OK".
  4. Tunggu hingga ponsel atau tablet melaksanakan reboot. Di salah satu sudut, kam akan melihat tanda air "Safe Mode".
Namun, apabila tidak berhasil atau kau masih bingung. Maka kau sanggup bertanya di google dengan kata kunci "cara masuk safe mode (nama perangkat)".

Setelah berhasil memasuki Mode Aman, buka Settings > Apps > Downloaded. Periksa daftar aplikasi yang terunduh dan temukan aplikasi yang menurutmu mencurigakan atau menjadi penyebab duduk kasus pada perangkat android kamu.

Selanjutnya ketuk aplikasi, dan pada layar berikutnya ketuk "Uninstall" untuk menghapusnya. Jika itu menghilangkannya, reboot ponsel Anda secara normal (tanpa memasuki Safe Mode), dan virus harus diurus.

Jika aplikasi tidak sanggup dihapus, kemungkinan itu mempunyai Akses Administrator Perangkat. Untuk mengilangkan saluran tersebut :
  1. Sialahkan masuk ke Settings > Security > Device Administrators.
  2. Temukan aplikasi yang tidak sanggup dihapus kemudian beri tanda centang di sebelahnya.
  3. Ketuk "Nonaktifkan".
Sekarang kau coba lagi menghapus aplikasi yang tadinya tidak sanggup kau uninstall .

Demikian pembahasan kali ini, bila cara di atas masih belum berhasil, silahkan mengajukan pertanyaan di bawah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel