Membuat Running Led Dengan Ic 4017 Dan Timer Ne555


   Setelah sekian usang tidak update dikarenakan kesibukan kuliah dan kesibukan lain diluar sana yang menciptakan aku tidak sempat untuk menulis ataupun menciptakan sesuatu yang sanggup dibagikan di blog ini.

Namun pada kesempatan kali ini aku akan membagikan sedikit wacana cara menciptakan running LED dengan IC 4017 dan sebuah IC Timer NE555.

Sebelum masuk ke pembuatan, mari kita bahas sedikit wacana apa itu running led, jadi apasih sebetulnya running led itu?

Jika di terjemahkan dari bahasa luar negerinnya yakni bahasa inggris running led itu merupakan led berjalan hehe.. :), yang dimaksud berjalan disini pada rangkaian terdapat beberapa led yang nantinya akan nyala bergantian secara berurutan dengan kecepatan yang sanggup diatur.

Running led ini merupakan rangkaian dasar yang sanggup dibentuk ketika ingin berguru wacana pembuatan rangkaian dan di terapkan ke PCB, biasanya proyek ini dibentuk ketika smk jurusan elektronika, dengan rangkaian yang cukup sederhana maka tingkat keberhasilan yang cukup besar hanya saja diharapkan analisa dan ketelitian. 

Adapun untuk komponen yang dipakai pun gampang di sanggup ditoko komponen  elektro tentunya, berikut ini beberapa komponen yang diharapkan untuk menciptakan running led atau led berjalan.
  • Dioda 1N4007 1x
  • Kapasitor 22uF/16V 1x
  • Kapasitor 4.7uF/16V 1x
  • Resistor 1K 1x
  • Resistor 4.7K 1x
  • Resistor Variabel 100K 1x
  • IC 4017 1x
  • IC NE555N 1x
  • LED 5mm 20x
Setelah komponen sudah lengkap kita masuk ke rangkaian atau skematik running led sebagai berikut:
Sedikit klarifikasi dari rangkaian digunkan 20 LED yang terhubung dengan IC 4017 merupakanjenis IC CMOS yang berupakan IC gerbang logika dalam kemasan IC dan mempunyai 10 output yang bekerja atau aktif secara bergantian, untuk mengaktifkan output ini terdapat pin clock yang terhubung dengan output IC NE555.

Selaian IC 4017 terdapat IC NE555 yang juga merupakan komponen penting pada running led ini, dimana fungsinya sebagai penghasil clock atau pulse untuk mengaktifkan output IC 4017, terdapat sebuah potensiometer atau resistor variabel yang berfungsi untuk mengatur waktu tunda (delay) dari output IC NE555, sumber yang dipakai pada project kali ini memakai sumber 5V DC.

Berikut ini desain layout PCB yang aku buat memakai software EAGLE.
Setelah layout di cetak pada PCB dan di etching lalu dipasang komponen dan di solder.


Sumber https://www.muhilham.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel