11 Tumbuhan Herbal Berguna Yang Dapat Ditanam Di Sekitar Rumah

 anda masih mempunyai lahan atau halaman yang kosong dan tak tau mau dibentuk apa 11 Tumbuhan Herbal Berkhasiat Yang Bisa Ditanam Di Sekitar Rumah


- Mungkin di rumah anda, anda masih mempunyai lahan atau halaman yang kosong dan tak tau mau dibentuk apa, atau mungkin anda yaitu orang yang hobi berkebun atau memelihara tanaman-tanaman. Anda bisa mencoba menanam banyak sekali tumbuhan-tumbuhan yang tentunya akan menambah sejuk halaman rumah anda, terlebih lagi kalau yang anda tanam  yaitu flora – flora herbal yang tentu saja mempunyai banyak khasiat, selain menambah sejuk halaman anda tentunya juga sangat bermanfaat bagi anda.
 
Tumbuhan – flora herbal ini bisa anda tanam di lahan yang tak terlalu luas, cocok di pekarangan rumah ataupun halaman rumah. Tanaman herbal atau tumbuhan obat keluarga, nah kalau anda galau ingin menanam apa, disini kami akan berikan beberapa teladan flora herbal yang berguna yang bisa anda tanam di sekitar rumah, siapa tau anda tertarik menanamnya di pekarangan rumah anda.

1. Kumis Kucing
Selain berguna sebagai obat herbal, kumis kucing ini juga sangat bagus diletakkan di pekarangan rumah anda sebab memang bentuknya yang cukup indah, selain itu flora kumis kucing ini juga tidak terlalu memakan tempat, anda hanya perlu memakai pot ukuran sedang. Kumis kucing ini biasa dipakai untuk obat asam urat, sakit pinggang dan beberapa penyakit lainnya.

2. Cabai Rawit
Selain dipakai sebagai bumbu dapur, ternyata cabe rawit ini juga termasuk sebagai salah satu flora herbal, fungsinya yaitu untuk meningkatkan kesehatan jantung, mencegah flu, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Jika anda sudah menanam ini dirumah anda, tentu akan mempermudah anda, selain menghemat bumbu dapur, keuntungannya juga banyak.

3. Lavender
Selain bentuk dan warnanya yang indah, flora ini juga dikenal sebagai flora herbal serbaguna, bisa dipakai untuk mengusir serangga menyerupai nyamuk,lalat,bisa juga berguna untuk bumbu, dan juga sarinya bisa dipakai untuk penyedap makanan.

4. Kemangi

Biasa dipakai sebagai teman lalapan, kemangi ternyata bisa mengobati banyak sekali macam penyakit. Kemangi mempunyai rasa dan aroma yang khas dan mempunyai kandungan anti oksidan tinggi.

5. Temulawak

Biasa dipakai sebagai materi dasar jamu, temulawak ini bisa anda tanam di sekitar pekarangan rumah anda, dengan perawatan yang sempurna tentu akan menghasilkan temulawak yang berkualitas dan sangat berkhasiat, temulawak ini berguna untuk menjaga kesehatan tubuh dan keseimbangan daya tahan tubuh anda.

6. Kayu Manis
Biasa dipakai sebagai bumbu dapur, ternyata kayu manis juga mempunyai banyak khasiat untuk mengobati banyak sekali macam penyakit, salah satunya yaitu mencegah penyebaran sel-sel kanker yang menyerang tubuh manusia. Selain itu flora kayu manis ini juga bermanfaat untuk mengobati bisul pernapasan, mengurangi resiko penyakit jantung, meringankan perut kembung dan lain sebagainya.

7. Bunga Matahari
Selain bisa menghiasi pekarangan rumah anda, Bunga Matahari ini juga sangat bermanfaat untuk mengobati banyak sekali macam jenis penyakit menyerupai osteoporosis, keram, sakit kepala dan lain sebagainya. Ekstrak minyak bunga matahari bisa dipakai sebagai anti inflamasi yang berfungsi sebagai penurun panas.

8. Lidah Buaya
Mungkin pengecap buaya ini yaitu flora yang paling sering anda lihat di pekarangan rumah orang-orang, ya tentu saja banyak yang memelihara pengecap buaya sebab keuntungannya yang beragam. Lidah buaya bisa dipakai sebagai obat kecantikan yakni untuk menjaga kesehatan rambut, memperlebat rambut dan juga bisa dipakai untuk menghilangkan jerawat, selain itu llidah buaya juga bermanfaat untuk menjaga kondisi keseimbangan tubuh serta membantu mengurangi luka luar.

9. Cocor Bebek
Orang-orang jaman dulu seringkali memakai cocor angsa sebagai obat untuk penurun demam, bahkan sampai kini cocor angsa ini masih sering dipakai di dunia kesehatan, tak sedikit juga orang-orang yang memelihara flora ini di sekitar rumah sebab flora ini gampang untuk ditanam dan juga gampang dipelihara.

10. Seledri
Selain untuk bumbu masak, ternyata daun seledri sanggup dipakai untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan mata kering. Cobalah untuk menanamnya dipekarangan rumah, sebab seledri merupakan tumbuhan yang gampang untuk perawatannya.

11. Daun Sirih
Siapa yang tak kenal daun sirih, flora merambat dibatang-batang pohon ini ternyata sangat banyak sekali manfaatnya. Jaman dulu Daun sirih dipakai untuk nyireh oleh perempuan renta yang fungsinya untuk memperkuat enamel gigi dan membunuh basil yang aktif dalam mulut. Manfaat lain dari daun sirih antaranya untuk menghilangkan wangi badan, menyembuhkan penyakit kulit, melancarkan tiba bulan, mengobati batuk dan sariawan, serta sebagai obat kumur alami untuk membunuh basil aktif dalam mulut.

 Baca Juga : Cara Mengobati Batuk Anak Secara Alami

Itulah tadi beberapa flora herbal yang bisa anda tanam di sekitar rumah anda, kini tinggal anda ingin memelihara flora yang mana, semua tergantung harapan anda, mulailah hidup sehat dari sekarang.

Sumber https://www.akktif.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel