Arti Kata Tho Dan Penggunaannya Pada Final Kalimat

Kali ini aku ingin sharing isu mengenai arti dari kata ‘Tho’ dan penggunaannya pada selesai kalimat. Bagi anda yang sering bermain internet, media umum atau menonton film, tentunya sudah tidak asing lagi dengan kata yang satu ini. Jika anda mencoba mencari arti dari kata ini di Google tentunya sangat membingungkan alasannya yakni aneka macam klarifikasi yang berbeda mengenai kata ini. Jangankan di Indonesia, di luar pun kata ini sangat sulit untuk dicari arti kejelasannya. Setelah membaca beberapa sumber luar baik forum, artikel atau video, pada artikel ini aku akan coba bahas arti dari kata Tho ini berdasarkan opini aku pribadi.



Banyak yang menyampaikan kata Tho berasal dari kebiasaan sms dan internet orang luar biar lebih singkat dalam mengetik. Kenapa lebih singkat ? Sebenarnya kata Tho ini merupakan hanya sebuah abreviasi dari kata aslinya yaitu ‘Though’. Jika diterjemahkan memakai Google Translate tentunya akan menghasilkan arti ‘Meskipun, Walaupun, Namun, dll’. Tidak ada yang salah dengan hasil terjemahan tersebut hanya saja arti dari kata ‘Tho’ akan terlihat aneh dari beberapa bentuk penggunaannya. Untuk itu anda harus memahami maksud bahwasanya dari kata ‘Tho’ tersebut. Lalu apakah terdapat perbedaan arti dalam penggunaan kata ‘Though’ pada awal, tengah atau selesai kalimat ?? Sebelum itu aku akan coba jelaskan arti penggunaan kata ‘Though’ pada awal kalimat.

Seperti arti dari aslinya ‘Though’ = ‘Meskipun atau Meskipun Begitu, Namun

Banyak yang menyampaikan penggunaan kata ‘Tho’ mempunyai arti yang sama dengan penggunaan kata aslinya ‘Though’. Sebelum menandakan ini, ada baiknya anda membaca beberapa klarifikasi di bawah lalu lanjut kesimpulan pada selesai artikel ini. Penggunaan ‘Though’ pada awal kalimat mempunyai arti meskipun, namun, dll menyerupai terjemahannya dimana menyatakan sebuah kebalikan atau kontradiksi dari argumen atau kalimat sebelumnya. Berikut ini referensi yang sanggup aku sediakan :

  “Though their relationship had been ended. They still hangout together.”
  ( Hubungan/pacaran mereka sudah putus meskipun begitu mereka tetap biasa jalan bersama )

Penggunaan kata ‘Though di tengah kalimat mempunyai arti yang sama dengan referensi penggunaannya di awal kalimat menyerupai pada referensi di atas. Lalu bagaimana dengan di selesai kaimat ??

Sebenarnya kata ‘Tho’ merupakan kata slang yaitu kata yang biasa dipakai pada percakapan tidak formal atau pergaulan sehari-hari/kata gaul dan niscaya biasanya kata ‘Tho’ dipakai pada selesai kalimat dan ini lah yang artinya sering diperbincangkan baik di dalam maupun di luar negeri. Lalu apakah artinya sama dengan penggunaan kata ‘Though’ di selesai kalimat ?? Untuk itu lebih baik kita lihat dulu beberapa klarifikasi versi yang aku dapatkan mengenai arti dari kata ‘Tho’ dan ‘Though’’ pada akhri kalimat.

1. Tidak menjawab pertanyaan/tidak persetujuan

Berikut ini merupakan referensi penggunaan kata ‘Tho’ untuk tidak atau menghindari menjawab pertanyaan atau tidak baiklah dengan mencari cara lain untuk menyatakannya biasanya mencari duduk masalah atau hambatan pada pertanyaan tersebut.

     A : “Let’s go down to the club, bro” ...
     ( Ayo pergi ke club, bro ... )
     A : “It costs a tenner to get in, tho/though.”
     ( Biayanya 10 pound untuk masuk ... )

2. Memiliki arti hampir sama dengan kata ‘However/Namun

Berikut ini merupakan referensi penggunaan kata ‘Tho’ yang artinya hampir sama dengan kata ‘Namun’.

     “She was very attractive, her hair was a mess, tho/though ...”
     ( Dia sangat apik namun rambutnya berantakan )

3. Memiliki arti hampir sama dengan kata ‘Except/Kecuali

Berikut ini merupakan referensi penggunaan kata ‘Tho’ yang artinya hampir sama dengan kata ‘Kecuali

     “He looks great! That hair tho/though ...
     ( Ia terlihat keren kecuali rambutnya )

4. Memiliki arti hampir sama dengan kata ‘May/Mungkin

Berikut ini merupakan referensi penggunaan kata ‘Tho’ yang artinya hampir sama dengan kata ‘Mungkin

   “You can say that to him if you want. He’ll kick on your ass tho/though ...
   ( Kamu boleh bilang ke beliau jikalau kau ingin, mungkin beliau akan menendang pantatmu )

5. Momen yang sempurna untuk mengakhiri seluruh statement dan argumen sebelumnya, sebagai imbuhan yang hanya untuk seru-seruan

Berikut ini merupakan referensi penggunaan kata ‘Tho’ yang biasa dipakai untuk mengakhiri percakapan biar lebih seru dengan mengimbuhkannya di selesai kalimat.

     “Its crazy tho ...”, “Isn’t that cool tho ...”, “She such a b*tch tho ...
     ( Itu gila gak sih ..., Bukan kah itu keren ..., Dia menyerupai pel*cur ya ... )

Pada penggunaan ini biasanya terdapat beberapa kalimat percakapan sebelum mengakhirnya dengan beberapa referensi kalimat di atas.

6. Memiliki arti ‘terlepas dari kenyataannya (despite the fact)’

Berikut ini merupakan referensi penggunaan kata ‘Tho’ yang bahwasanya kalimat jawaban terakhir itu dipakai sebagai pendapat yang terlepas dari hal-hal atau argumen yang telah diucapkan sebelumnya.

     “His song really bad. He acts like a king ... That tattoo tho/though ...
     ( Lagu beliau sangat jelek. Ia bertingkah layaknya raja ... tapi tattoonya keren )

Dalam referensi di atas menggambarkan bahwa terlepas dari segala hal buruk pada orang tersebut baik itu lagunya jelek, tingkahnya buruk yang menciptakan anda tidak suka dengannya tetapi ada hal lain yang terlepas dari itu semuanya yang masih anda sukai yaitu beliau mempunyai tattoo keren.

KESIMPULAN

Banyak juga yang menyampaikan bahwa kata ‘Tho’ di selesai kalimat mempunyai arti yang hampir sama dengan kata ‘Tapi’. Hal ini berdasarkan aku benar saja. Kesimpulan yang sanggup diambil dari semua referensi di atas yaitu :

Kata ‘Tho’ dan ‘Though’ pada selesai kalimat mempunyai arti yang sama hanya saja tepatnya kata ‘Though’ dipakai lebih formal sedangkan kata ‘Tho’ merupakan Slang dan dipakai pada pergaulan cukup umur sehari-hari baik itu di internet atau sosial media. Kata ‘Tho’ dan ’Though’ bahwasanya dari semua referensi di atas mempunyai arti yang hampir sama yaitu despite the fact  atau terlepas dari fakta argumen atau kalimat-kalimat sebelumnya atau sanggup juga dikatakan kebalikan/pertentangan dari kalimat sebelumnya. Misalnya terdapat sebuah Meme yang berisi gambar perempuan cantik, rapi, anggun tetapi pada gambar tersebut rambutnya berserakan dan pada meme tersebut hanya berisi goresan pena ‘That hair tho’ dimana keseluruhan penampilan dari perempuan itu sanggup kita katakan bagus hanya saja terlepas dari kebagusan itu semua hanya rambutnya yang berbeda yaitu berantakan. 
Sebelum lanjut, anda boleh menyimak video di bawah ini dari seorang learning vlog di Youtube yang membahas arti dari kata Tho mulai pada menit 3:55 :


Kebetulan aku habis menonton sebuah movie luar jikalau anda tahu nama movie tersebut ‘Baby Driver’, dimana terdapat beberapa percakapan di dalamnya yang memakai kata ‘Though’. Berikut ini merupakan 4 percakapan tersebut :

- Percakapan Pertama

      

     “You see JD over there ? Now, JD’s a idiot. But you a bright boy, though ...”
     ( Kamu lihat JD disana ? Sekarang JD seorang idiot. Tetapi kau pria cerdas )

Bisa dilihat pada kalimat di atas, orang tersebut bermaksud menyampaikan JD temannya tersebut idiot tetapi sehabis itu beliau membandingkan temannya tersebut dengan yang diajak bicara bahwa beliau cerdas. Disini terdapat makna kebalikan terhadap sesuatu yang idiot dengan sesuatu yang cerdas dalam hal ini orang.

- Percakapan Kedua

     

     “You’re a good driver. You’re a bad liar though ...
     ( Kamu pengemudi yang hebat. Kamu pembohong yang buruk )

Dalam kalimat tersebut bermaksud menyampaikan bahwa orang yang diajak berbicara tersebut seorang pengemudi yang hebar handal, terlepas dari itu semua tetapi beliau sangat buruk dalam berbohong. Disini juga terdapat makna kebalikan dimana ada kebanggaan kebaikan dan dibalas dengan statement keburukan.

- Percakapan Ketiga

     

  “That is nice. Umm..but they got me pulling doubles this week, though ...
  ( Itu menyenangkan. Umm..tetapi mereka mengharuskanku tiba kerja doble ahad ini )

Kalimat di atas menerangkan awalnya perempuan tersebut bahagia dan ingin dengan permintaan pria tersebut untuk dinner atau makan malam tetapi terdapat hambatan pada pekerjaannya. Disini terdapat sebuah hal yang baik atau menyenangkan tetapi terdapat hambatan hal yang buruk kerjaannya.

- Percakapan Keempat

     

  “I still can’t get used to the fact that your real name is Miles. It’s a cool name, though ...
  ( Aku tetap tidak sanggup mendapatkan fakta bahwa nama orisinil kau Miles. Nama yang keren )

Pada kalimat ini menjelaskkan terlepas dari ketidakpercayaan perempuan tersebut pada fakta nama orisinil pria itu tetapi beliau suka dan beranggapan nama tersebut keren.

Sekian yang sanggup aku share mengenai arti dari kata Tho dan penggunaan Though di selesai kalimat, jikalau terdapat kekeliruan aku mohon maaf mari kita perbaiki dan saling share di komentar di bawah untuk menambah wawasan teman-teman lain yang juga ingin mengetahuinya, semoga sanggup membantu dan bermanfaat...




Sumber http://ragaminfobaru.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel