6 Tips Teknik Simple Untuk Foto Landscape

 Tips Teknik Simple Untuk Foto Landscape 6 Tips Teknik Simple Untuk Foto Landscape

6 Tips Teknik Simple Untuk Foto Landscape - Biasanya objek yang diambil ketika memakai teknik landscape yaitu pemandangan. Sekian banyak hobi dari seorang fotografer yang dilengkapi dengan kamera digital SLR. Kita sanggup dengan gampang untuk merekam keindahan ciptaan Tuhan dalam sekejab. Pemandangan ini sanggup kita nikmati seterusnya, dan sanggup kita tunjukkan ke semua orang. Untuk menghasilkan sebuah foto dengan teknik landscape mari simak Tips-Tips berikut ini, dan mengasah ketajaman teknik fotografi landscape.

1. Menggunakan Slow Speed
Dengan memakai teknik slow speed, kita sanggup mencapai Depth Of Field atau biasa disebut dengan ruang fokus yang lebih besar, sehingga foto yang didapat lebih tajam. Selain itu, kita juga sanggup mencapai banyak imbas yang sanggup menambahkan estetika dari foto tersebut. Contohnya yaitu memakai Long Exposure. Agar Air dan sungai terlihat menyerupai sebuah cermin. Air yang bergotong-royong agak sedikit berarus menjadi terlihat lebih hening dan menambah kesan minimalis dari pada sebelumnya.

 Tips Teknik Simple Untuk Foto Landscape 6 Tips Teknik Simple Untuk Foto Landscape

Pada foto dibawah merupakan rujukan dari penerapan teknik slow speed yang dipakai untuk mendapat backround maritim atau sungai terlihat lebih hening dan terlihat menyerupai awan yang sedikit blur jawaban dari pergerakan yang didapatkan, dan ini juga membuat foto menjadi lebih unik.

2. Memanfaatkan Air Sebagai Refleksi

 Tips Teknik Simple Untuk Foto Landscape 6 Tips Teknik Simple Untuk Foto Landscape

Jika anda mengambil gambar pada sebuah lokasi yang mempunyai elemen air, seperi sungai maupun pantai (laut), kalian sanggup memanfaatkan pantulan pada air tersebut untuk membuat foto yang seolanh-olah ada dua gambar yang ada pada foto tersebut. Teknik ini memanfaatkan pantulan dari air, Refleksi dari air sanggup menambah keindahan pemandangan yang anda ambil. Teknik ini juga membantu anda mendapat sebuah foto yang terlihat simetris, dan yummy untuk dilihat. Hasil foto yang di sanggup jadi terlihat unik dan menarik.

3. Moment Mengambil Foto Saat Sunset

 Tips Teknik Simple Untuk Foto Landscape 6 Tips Teknik Simple Untuk Foto Landscape

Sunset atau matahari yang terbenam mempunyai konotasi yang dalam dan romatis jikalau dipandang. Anda akan mempunyai rasa yang sama jikalau foto pemandangan yang anda ambil yaitu foto sunset, maka niscaya foto yang anda sanggup akan terlihat jauh lebih berkesan di mata anda dan orang lain. Matahari akan membiasi pemandangan anda dengan cahaya kuning yang hangat, sehingga anda niscaya akan membuat sebuah foto yang penuh dengan warna dan suasana yang bernuansa menarik. Pada ketika memotret cahaya matahari yang akan karam (sunset) terlihat lebih lembut pada ketika "Golden Hour", dan akan mempermudah mendapat exposure yang sempurna di keseluruhan pemandangan tersebut.

4. Mengganti Sudut Pandang
Sering kali kita terpaku dengan sudut pandang. Namun pada ketika berada di lokasi pemotretan, mungkin kita eksklusif berfikir untuk memutuskan memasang tripod di suatu kawasan hanya alasannya kita erat dengan objek yang kita bidik, ataupun alasannya orang lain pada motret disitu. Untuk menghasilkan sebuah foto yang berbeda kalian sanggup lebih kreatif untuk mencari sudut pandang yang berbeda dan unik. Contohnya untuk berjalan beberapa ratus meter dari lokasi pemotretan, dan cobalah dari bermacam-macam sudut pengambilan, sebelum men-Setup tripod anda. Contohnya menyerupai pada foto dibawah ini.

 Tips Teknik Simple Untuk Foto Landscape 6 Tips Teknik Simple Untuk Foto Landscape

Pada ketika mengambil sudut pandang dari erat mungkin memangterlihat bagus. Namun, masih ada sudut pandang yang sanggup diambil untuk menghasilkan sebuah foto yang terlihat berbeda. Contohnya menyerupai pada foto dibawah ini.

 Tips Teknik Simple Untuk Foto Landscape 6 Tips Teknik Simple Untuk Foto Landscape

5. Tambahkan Foreground yang Lebih Menarik

Sebuah pemandangan atau foto landscape terkadang terlihat biasa saja, alasannya kita selalu mengambilnya dengan format Horizontal. Dalam format ini, sering kita melupakan sesuatu untuk menambah sebuah foreground pada gambar tersebut. Perlu di ketahui bahwa foreground yaitu sebuah objek pelengkap lain, yang terletak di antara lensa dan objek utama. Sesekali, gunakan format vertikal dan perhatikanlah sekeliling untuk mencari foreground yang menarik untuk diambil foto. Contoh foto yang didapat menyerupai pada gambar dibawah ini.

 Tips Teknik Simple Untuk Foto Landscape 6 Tips Teknik Simple Untuk Foto Landscape

6. Menggunakan Format Panorama
Pada ketika melaksanakan sebuah pemotretan, terkadang kita berada di kawasan yang sanggup kita nikmati dengan sudut pandang yang cukup luas. Namun, kita tidak sanggup mengabadikan keseluruhan sudut pandang tersebut, oleh alasannya itu kita sanggup memakai teknik panorama sebagai alternatifnya.


" Mengapa harus panorama, kenapa tidak mengambil sudut pandang yang lebih jauh lagi? "

Jawabannya simple. Kalian tinggal menentukan mana yang berdasarkan kalian lebih manis diantara ke dua teknik tersebut. Semua fotografer mempunyai citarasa yang berbeda dari masing-masing foto yang dihasilkan, Semua itu tergantung dengan selera yang ingin di abadikan. Jika memakai teknik panorama berdasarkan saya lebih efektiif pada ketika mengambil fotonya saya kira lebih sanggup akhirnya dibandingkan dengan mengambil foto dari sudut pandang yang berbeda. Kemudian kelebihan yang didapat memakai teknik panorama adalah, hasil yang kita peroleh terlihat menyerupai 180°. Makara angle yang didapat lebih manis layaknya camera action. Tapi, semua itu tergantung dari masing-masing selera yang dimiliki. Ga menuntut untuk melaksanakan teknik landscape untuk mendapat sebuah foto yang bagus, masih banyak teknik lain yang sanggup membantu kalian untuk menghasilkan sebuah foto yang bagus.

Cukup sekian pembahasan kita mengenai 6 Tips Teknik Simple Untuk Foto Landscape. Saya berharap untuk kedepannya ilmu-ilmu yang didapat sanggup bermanfaat dan diterapkan pada ketika ingin melaksanakan sebuah pemotretan landscape. Jika ada saran maupun pertanyaan sanggup eksklusif comment pada kolom dibawah.

Sumber http://siddix.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel