Perlindungan Jaringan Komputer




Keamanan jaringan komputer yaitu suatu cara atau suatu system, yang dipakai untuk menunjukkan proteksi atau derma pada suatu jaringan, semoga terhindar dari aneka macam bahaya luar yang bisa merusak jaringan. Tujuan supaya mengantisipasi bahaya fisik maupun logic, baik pribadi maupun tidak langsung, yang sanggup menganggu kegiatan yang sedang berlangsung dalam jaringan. Satu yang perlu diingat di sini ialah, tak ada jaringan yang benar-benar kondusif dari anti sadap.

Dalam merencanakan suatu sistem keamanan jaringan, ada beberapa metode yang sanggup ditetapkan antara lain :
-          Pembatasan saluran pada suatu jaringan, terdiri dari :
a.       Internal Password Authentication : Password local untuk login ke sistem harus merupakan password yang kondusif dan baik.
b.      Server Based Password Authentication : Termasuk dalam metode kerbros  server, TCP-Wrapper.
c.       Server-Based Token Authentication : Lebih ketat alasannya yaitu menggunakan kartu pintar/token
d.      Firewall dan Routing Control : Firewall tersebut melindungi setiap host-host pada network dari aneka macam jaringan.


-          Menggunakan metode dan prosedur tertentu menyerupai :
·         Enskripsi : Berbentuk aba-aba yang hanya sanggup dilihat oleh sistem yang mempunyai kunci untuk membaca data
·         Terminologi Kriptografi : Ilmu dan seni untuk menjaga pesan semoga tetap aman
·         Terminologi Enskripsi-Deskripsi : Proses yang dipakai mengamankan pesan yang disebut Plaintext, menjadi pesan tersembunyi yang dinamakan Cipertext yaitu Enskripsi /Encrytion. Cipertext yaitu sebuah pesan yang sudah tidak sanggup dibaca dengan mudah.
·         Digital Signature : Digunakan untuk menyediakan authentication, perlindungan, Intregritas, dan non Repudiation
·         Algoritma Cheksum/Hash : Digunakan untuk menyediakan derma intergritas, dapat menyediakan Authentication. Satu atau lebih dikombinasikan dengan untuk menyediakan Security Service

Ada dua elemen utama pembentuk jaringan keamanan, yakni :
  • Firewall baik secara fisik dan maya, yaitu cara menunjukkan derma pada jaringan, baik secara fisik /kenyataan dan maya melalui Software
  • Rencana pengamanan, yakni suatu rancangan yang nantinya akan diimplementasikan untuk melindungi jaringan, semoga terhindar dari aneka macam bahaya dalam jaringan.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel