Apa Itu Fitur Hsa ( Hill Start Assist ) Pada Mobil
Kali ini saya akan sharing sedikit isu mengenai apa itu fitur HSA atau Hill Start Assist pada mobil. Saat ini berbagaimacam fitur gres banyak disematkan oleh pabrikan kendaraan beroda empat pada produk barunya. Mungkin sebagian dari anda masih ada yang resah dengan beberapa fitur tersebut dikarenakan dipaparkan dalam iklan atau brosur dengan sebuah akronim atau nama yang kurang familiar. Salah satu fitur yang akhir-akhir ini banyak menjadi pertimbangan banyak orang dalam membeli sebuah kendaraan beroda empat yaitu HSA.
( credit : http://www.macuhoweb.org )
HSA atau Hill Start Assist memiliki juga istilah lain tetapi artinya sama ada yang menyebutnya HSC atau Hill-Start Assist Control ialah sebuah fitur pembantu atau sanggup juga dibilang fitur keamanan pada sistem pengereman yang sanggup mempermudah anda ketika berada pada medan tanjakan atau kondisi macet antri, dimana fitur ini akan mencegah atau menahan kendaraan beroda empat anda mundur kebelakang sesaat sesudah melepas pedal rem. HSA ini dirancang menurut pengalaman pengemudi kendaraan beroda empat terutama bagi seorang pemula yang memakai transmisi manual, dalam menghadapi kemacetan pada jalan tanjakan akan merasa panik sebab belum menguasai melepas kopling dengan baik sehingga kekawatiran kendaraan beroda empat akan mundur dan menabrak cuilan depan kendaraan beroda empat yang berada dibelakang mobil. Biasanya bagi yang sudah mahir akan dengan hening menginjak pedal gas dan membiarkan kendaraan beroda empat mundur sedikit lalu gas dengan cukup. Hal ini mungkin cukup sulit kalau dilakukan berkali-kali dalam keadaan macet sebab kita harus benar-benar mencicipi tekanan pedal kopling. Terdapat teknik untuk tanjakan yang mengandalkan tuas rem tangan tetapi banyak yang menilai cara ini kurang mudah dan kurang macho bagi laki-laki padahal bekerjsama cara ini sanggup diandalkan dan aman.
Cara kerja dari fitur Hill Start Assist yaitu dimana sistem komputerisasi pada kendaraan beroda empat akan mengecek kondisi kemiringan body kendaraan beroda empat selanjutnya akan dicek ketika pedal rem dilepas kalau roda kendaraan beroda empat bergerak mundur maka secara otomatis sensor akan memerintahkan untuk menahan pedal rem sementara dalam beberapa detik hingga pedal gas ditekan lalu rem akan secara otomatis dilepaskan. Selang waktu yang diberikan oleh fitur HSA ketika aktif yaitu sekitar 2-3 detik walau pedal rem sudah dilepas kendaraan beroda empat akan tetap dalam keadaan tertahan rem dan menawarkan kesempatan untuk pengemudi berpindah kaki dalam detik tersebut untuk menginjak gas tanpa kawatir kendaraan beroda empat akan mundur. Berikut ini merupakan video yang mensimulasikan dari kerja fitur HSA pada tanjakan.
Fitur HSA ini pada awalnya mungkin hanya sanggup anda jumpai pada kendaraan berkelas atas namun ketika ini selain sudah banyak disematkan pada beberapa kendaraan beroda empat kelas menengah menyerupai HRV, fitur ini juga sudah sanggup dijumpai pada kendaraan beroda empat kelas city car atau hatcback. Kebanyakan anda akan menjumpai fitur ini pada kendaraan bertransmisi matic. Sebenarnya penciptaan fitur HSA ditujukan untuk kendaraan SUV menyerupai CRV yang banyak dipakai untuk menjajal jalan pegunungan yang menanjak tetapi beberapa pabrikan kendaraan beroda empat menilai fitur ini juga sanggup berfungsi di perkotaan menyerupai macet pada antrean loket karcis mall yang biasanya dibentuk pada posisi menanjak. Biasanya fitur HSA disandingkan dengan beberapa fitur keamanan lainnya menyerupai ABS, EBD.
Sekian yang sanggup saya share mengenai fitur HSA atau Hill Start Assist pada mobil, kalau artikel ini membantu silakan untuk dishare, semoga sanggup bermanfaat...
Sumber http://ragaminfobaru.blogspot.com/