Apa Itu Fitur Abs ( Anti-Lock Braking System ) Pada Mobil
Kali ini aku akan sharing gosip mengenai sebuah fitur keamanan yang berjulukan ABS pada mobil. Bagi anda yang menyukai dunia otomotif tentunya sudah tidak awam lagi dengan yang satu ini atau anda yang sering melihat review kendaraan beroda empat atau brosur kendaraan beroda empat niscaya sering mendengar istilah ABS ini. Seperti yang kita ketahui, pabrikan kendaraan beroda empat saling gencar membuat dan memperkenalkan teknologi gres untuk menunjang kualitas dari produk yang mereka jual salah satunya ABS. Lalu apa itu ABS ? Salah satu fitur keamanan ini tidak hanya terdapat pada kendaraan beroda empat tetapi juga terdapat pada motor.
ABS atau abreviasi dari Anti-Lock Braking System sesuai dengan namanya ABS yakni salah satu sistem pengereman pada kendaraan beroda empat yang bertujuan untuk menghindari terjadinya penghentian roda dikala terjadinya pengereman yang keras atau mendadak. Fitur ini tentunya sangat dibutuhkan terutama dikala anda mengendarai kendaraan beroda empat dalam keadaan hujan dan jalan licin. Jika kendaraan beroda empat yang melaksanakan pengereman mendadak dalam kecepatan yang tinggi dan kondisi hujan jalan licin menyerupai di atas, tentunya ketika pedal rem diinjak keras semua ban kendaraan beroda empat akan pakem berhenti dan terkunci tetapi kendaraan beroda empat akan masih tetap melaju. Hal ini tentunya sangat berbahaya alasannya yakni ban yang berhenti mendadak dalam kecepatan tinggi dan kondisi jalan licin akan menjadikan terjadinya slip pada ban sehingga kendaraan beroda empat akan terus melaju sambil tergelincir. Selain itu tentunya kendaraan beroda empat akan sangat sulit dikendalikan dan tidak stabil menyerupai halnya kendaraan beroda empat tergelincir di atas es.
( credit : http://www.toyota-global.com )
Dalam mengantisipasi hal di atas, fitur keamanan ABS akan bekerja mencegah terjadinya ban berhenti dikala pengereman mendadak sehingga ban akan masih tetap berputar secara lambat. Hal ini tentunya memberi imbas menghindari terjadinya slip atau tergelincir dan kendaraan lebih sanggup dikendalikan. Selain itu, jarak pengereman akan menjadi lebih pendek. Sistem kerja rem ABS hampir menyerupai dengan sistem rem mengocok pada konvensional dimana rem ditekan berkali-kali, hanya saja ABS dibentuk terkomputerisasi dimana dikala pedal rem diinjak habis tidak pribadi mengunci ban. Untuk lebih jelasnya, anda sanggup melihat sebuah video pengereman pada sepeda motor yang memakai ABS dan tanpa ABS di bawah ini.
Baca Juga
Sistem pengereman ABS ini sudah ada semenjak usang tetapi hanya sanggup anda temukan pada kendaraan glamor sekelas Mercedes Benz, tetapi dikala ini persaingan diantara pabrikan kendaraan beroda empat membuat fitur keamanan ini sudah disematkan dibeberapa kendaraan beroda empat kelas menengah. Ada beberapa sumber yang menyampaikan fitur rem ABS ini kurang optimal kalau dipakai pada jalan yang tidak rata, rumput atau bebatuan. Seperti tujuan awal dibuatnya fitur ini yang dulunya dipakai oleh pembalap bahkan seorang profesional pun sangat sulit untuk mengendalikan kendaraan beroda empat disaat kecepatan tinggi melaksanakan pengereman mendadak dengan keadaan jalan yang licin. Oleh alasannya yakni itu, fitur pengereman ABS ini sangat efektif dijalanan beraspal.
Dari sekian klarifikasi di atas, beberapa media otomotif memang menyarankan untuk menentukan kendaraan yang mempunyai fitur ABS sebagai fitur keamanan yang penting. Untuk itu dikala anda berniat untuk mencari mobil, tidak ada salahnya untuk menanyakan ketersediaan fitur ini pada kendaraan beroda empat yang akan anda beli. Sekian yang sanggup aku share mengenai fitur ABS pada mobil, kalau artikel ini membantu silakan untuk dishare, agar sanggup bermanfaat...